PEMANFAATAN
TIK DALAM PEMBELAJARAN
Sebagai suatu disiplin ilmu yang
terlahir dari perpaduan berbagai displin lain seperti komunikasi, psikologi,
teknologi dan pendidikan hadirnya perubahan dalam teknologi pendidikan tak
dapat dielakkan, bahkan menjadi bagian dari perancang perubahan itu sendiri.
Menjadi perancang perubahan karena salah satu kajian teknologi pendidikan
adalah difusi inovasi yang menuntut adanya proses imitasi, adopsi, adaptasi,
kreasi,inovasi dan integrasi. Sedang integrasi adalah suatu upaya untuk
melakukan penggabungan dua atau lebih elemen guna menghasilkan inovasi baru.
Didalam perkembangannya hingga saat
ini, pendidikan jarak jauh menjadi symbol pembelajaran yang memadukan hasil
rancangan teknologi canggih untuk tujuan menyampaikan pesan-pesan pendidikan
Teknologi Informasi dan informasi
adalah ilmu yang mempelajari tentang desain pengembangan,implementasi,menejemen
system informasi yang berbasis computer khususnya aplikasi sofwer dan hardware.
Sedangkan teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek desain,
pengembangan,pemanfatan,manajemen dan evaluasi terdadap proses dan
sumber-sumber Belajar.
Perkembangan teknologi dan informasi
telah membawa dampak yang begitu besar dalam dunia pendidikan.Selanjutnya
pemanfatan teknologi informasi dalam pembelajaran belum banyak mengintegrasikan
Surat Elektronik,kamera Digital,MP3 Players,Web Sites,Wikipedia,podcasting,You
Tube, Bogging dan system teleconference. Untuk dapat mengintegrasikan semua komponen
teknologi informasi perlu dijabarkan beberapa teori dan model integrasi
teknologi dalam pembelajaran.Salah satu teori yang dapat digunakan dalam
intgrasi teknologi kedalam pembelajran adalah teori difusi inovasi. Teori ini
bukansaja memberikan karangka dasar dalam mengadopsi dan mengintgrasi,
melainkan juga beberapa strategi dan scenario
yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan integrasi.
Dalam mengintegrasi teknologi ke
dalam pembelajaran, perlu melakukan lima fase yaitu :
1. Menentukan keuntungan relative
2. Menentukan tujuan dan penilaian
3. Mendesain strategi ingrasi
4. Mempersiapkan lingkungan
pembelajaran
5. Mengevaluasidan merevisi startegi
integasi
Selanjutnya
Integrasi TIK ke dalam Copperbelt College of Education
kurikulum
Proyek IICD didukung berfokus pada
integrasi TIK dalam
kurikulum, pengembangan konten dan
melengkapi dosen dengan
diperlukan keterampilan mengajar dan pengetahuan. Tujuan dari proyek ini adalah
untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran dengan menggunakan ICT untuk memfasilitasi pendekatan berpusat
pada peserta didik. Perspektif jangka menengah adalah untuk
sepenuhnya utama proyek kegiatan dalam
perguruan tinggi. Hal ini memerlukan
memiliki semua
melibatkan departemen dan isi
semua mata pelajaran yang ditawarkan oleh perguruan tinggi diadaptasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar