Kamis, 14 Februari 2013



PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

            Sebagai suatu disiplin ilmu yang terlahir dari perpaduan berbagai displin lain seperti komunikasi, psikologi, teknologi dan pendidikan hadirnya perubahan dalam teknologi pendidikan tak dapat dielakkan, bahkan menjadi bagian dari perancang perubahan itu sendiri. Menjadi perancang perubahan karena salah satu kajian teknologi pendidikan adalah difusi inovasi yang menuntut adanya proses imitasi, adopsi, adaptasi, kreasi,inovasi dan integrasi. Sedang integrasi adalah suatu upaya untuk melakukan penggabungan dua atau lebih elemen guna menghasilkan inovasi baru.
            Didalam perkembangannya hingga saat ini, pendidikan jarak jauh menjadi symbol pembelajaran yang memadukan hasil rancangan teknologi canggih untuk tujuan menyampaikan pesan-pesan pendidikan
Teknologi Informasi dan informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang desain pengembangan,implementasi,menejemen system informasi yang berbasis computer khususnya aplikasi sofwer dan hardware. Sedangkan teknologi pembelajaran adalah teori dan praktek desain, pengembangan,pemanfatan,manajemen dan evaluasi terdadap proses dan sumber-sumber Belajar.
Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa dampak yang begitu besar dalam dunia pendidikan.Selanjutnya pemanfatan teknologi informasi dalam pembelajaran belum banyak mengintegrasikan Surat Elektronik,kamera Digital,MP3 Players,Web Sites,Wikipedia,podcasting,You Tube, Bogging dan system teleconference. Untuk dapat mengintegrasikan semua komponen teknologi informasi perlu dijabarkan beberapa teori dan model integrasi teknologi dalam pembelajaran.Salah satu teori yang dapat digunakan dalam intgrasi teknologi kedalam pembelajran adalah teori difusi inovasi. Teori ini bukansaja memberikan karangka dasar dalam mengadopsi dan mengintgrasi, melainkan juga beberapa strategi dan scenario  yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan integrasi.



Dalam mengintegrasi teknologi ke dalam pembelajaran, perlu melakukan lima fase yaitu :
1. Menentukan keuntungan relative
2. Menentukan tujuan dan penilaian
3. Mendesain strategi ingrasi
4. Mempersiapkan lingkungan pembelajaran
5. Mengevaluasidan merevisi startegi integasi

Selanjutnya Integrasi TIK ke dalam  Copperbelt College of Education kurikulum Proyek IICD didukung berfokus pada integrasi TIK dalam kurikulum, pengembangan konten dan melengkapi dosen dengan diperlukan keterampilan mengajar dan pengetahuan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran dengan menggunakan ICT untuk memfasilitasi pendekatan berpusat pada peserta didik. Perspektif jangka menengah adalah untuk sepenuhnya utama proyek kegiatan dalam perguruan tinggi. Hal ini memerlukan memiliki semua melibatkan departemen dan isi semua mata pelajaran yang ditawarkan oleh perguruan tinggi diadaptasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar